Iman Kepada Hari Akhir


Pengertian iman kepada hari akhir (kiamat) secara umum adalah mempercayai dan menyakini bahwa seluruh alam semesta dan segala seisinya pada suatu saat nanti akan mengalami kehancuran dan mengakui bahwa setelah kehidupan ini akan ada kehidupan yang kekal yaitu akhirat.

Pengertian iman kepada hari akhir/kiamat terbagi dua yaitu pengertian iman kepada hari akhir secara etimologi ( bahasa ) dan pengertian hari akhir secara terminologi ( istilah ). Pengertian iman kepada hari akhir menurut bahasa (etimologi) adalah percaya akan datangnya hari akhir/kiamat. Sedangkan Pengertian iman kepada hari akhir menurut istilah (terminologi) adalah mempercayai dan menyakini akan adanya kehidupan yang kekal dan abadi setelah kehidupan ini. 


Sebelumnya Pengertian hari akhir/kiamat adalah hari kebinasaan atau kehancuran dunia dan seisinya. Pengertian hari akhir/kiamat juga terbagi dua yakni pengertian hari akhir menurut bahasa dan pengertian hari akhir menurut istilah. Pengertian hari akhir menurut bahasa (etimologi) adalah hari berakhirnya segala sesuatu yang ada dimuka bumi. Sedangkan pengertian hari akhir menurut istilah (terminologi) adalah peristiwa dimana alam semesta beserta isinya hancur luluh yang akan membunuh semua makhluk didalamnya tanpa terkecuali.


Beriman kepada hari akhir merupakan ciri muttaqin (orang yang bertaqwa) Allah SWT berfirman sebagai berikut :


وَٱلَّذِينَ يُؤۡمِنُونَ بِمَآ أُنزِلَ إِلَيۡكَ وَمَآ أُنزِلَ مِن قَبۡلِكَ وَبِٱلۡأٓخِرَةِ هُمۡ يُوقِنُونَ ٤ 
Artinya
Dan mereka yang beriman kepada Kitab (Al Quran) yang telah diturunkan kepadamu dan Kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat (QS. Al Baqoroh 2 : 4).
Jadi orang yang mengaku islam tetapi tidak beriman pada hari akhir maka dianggap murtad.

Macam-Macam Hari Akhir/Kiamat
Hari akhir/kiamat terbagi atas 2 jenis atau macam yaitu :
Kiamat Sugra (Kiamat Kecil) : Pengertian kiamat sugra adalah kejadian hancurnya jagat raya dengan skala kecil, Misalnya tanda-tanda kiamat sugra adalah kematian, bencana alam seperti, tsunami, gempa bumi, banjir, gunung meletus, , dan sebagainya. Mati ialah terpisahnya jasmani dan rohani, setelah seseorang mati, jasmaninya kembali ke asalnya yaitu tanah sedangkan rohnya terus hidup dan berada di alam Barzah atau alam kubur, alam barzah adalah alam tempat hidup manusia sesudah mati sampai manusia dibangkitkan kembali dari kuburnya masing - masing untuk kemudian ditentukan oleh Allah, apakah mereka masuk ke surga atau neraka. alam barzah disebut juga alam antara dunia dan akhirat. Firman Allah menyatakan sebagai berikut :

كُلُّ نَفۡسٖ ذَآئِقَةُ ٱلۡمَوۡتِۖ ثُمَّ إِلَيۡنَا تُرۡجَعُونَ ٥٧

Artinya
Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kemudian hanyalah kepada Kami kamu dikembalikan (QS. Al-Ankabut 29 : 57).

Kiamat Kubra (Kiamat Besar) : Pengertian kiamat kubra adalah kejadian hancurnya alam semesta beserta isinya atau hancurnya alam semesta seluruhnya termasuk semua penghuni-penghuninya, seperti manusia, hewan, tumbuhan, jin seluruhnya mati dan tanda dimulainya kehidupan di akhirat serta Manusia akan mempertanggung jawabkan segala amal perbuatannya yang pernah dibuat sewaktu hidup. Alam semesta ini akan diganti dengan alam semesta yang baru, peristiwa ini terjadi setelah sangkakala pertama kali ditiupkan oleh malaikat Isrofil. Hal ini dinyatakan dalam firman Allah Sebagai berikut :

فَإِذَا نُفِخَ فِي ٱلصُّورِ نَفۡخَةٞ وَٰحِدَةٞ ١٣ وَحُمِلَتِ ٱلۡأَرۡضُ وَٱلۡجِبَالُ فَدُكَّتَا دَكَّةٗ وَٰحِدَةٗ ١٤ فَيَوۡمَئِذٖ وَقَعَتِ ٱلۡوَاقِعَةُ ١٥ وَٱنشَقَّتِ ٱلسَّمَآءُ فَهِيَ يَوۡمَئِذٖ وَاهِيَةٞ ١٦

Artinya
Maka apabila sangkakala ditiup sekali tiup (13). Dan diangkatlah bumi dan gunung-2, lalu dibenturkan keduanya sekali bentur (14). Maka pada hari itu terjadilah hari kiamat (15). Dan terbelahlah langit, karena pada hari itu langit menjadi lemah (16). (QS Al Haqqah 69 ayat 13–16).

Tanda-tanda kiamat kubra 
  • Munculnya dajjal, 
  • Matahari terbit dari barat, 
  • Turunnya ya'juj dan ma'juj.
Keadaan alam semesta setelah munculnya kiamat qubro banyak dijelaskan dalam alqur'an. Untuk waktu terjadinya kiamat qubro hannya Allah yang tahu dan tidak ada seorangpun yang tahu. Setelah terjadi kiamat qubro Malaikat Isrofil meniup sangkakala untuk kedua kali kemudian Allah menghidupkan kembali semua manusia yang pernah hidup di dunia mulai dari manusia pertama Nabi Adam as sampai dengan manusia yang paling akhir hidup di dunia peristiwa ini disebut dengan istilah Yaumul Ba'as. Firman allah SWT :

ثُمَّ أَمَاتَهُۥ فَأَقۡبَرَهُۥ ٢١ ثُمَّ إِذَا شَآءَ أَنشَرَهُۥ ٢٢

Artinya :
kemudian Dia mematikannya dan memasukkannya ke dalam kubur, kemudian bila Dia menghendaki, Dia membangkitkannya kembali (QS. Abasa 80 ayat 21-22).

Setelah seluruh umat manusia dibangkitkan dari kubur masing - masing, mereka dikumpulkan di padang yang sangat luas yang disebut Padang Mahsyar peristiwa ini disebut Yaumul Hasyr. Firman Allah SWT :


وَيَوۡمَ نَحۡشُرُهُمۡ جَمِيعٗا ثُمَّ نَقُولُ لِلَّذِينَ أَشۡرَكُوٓاْ أَيۡنَ شُرَكَآؤُكُمُ ٱلَّذِينَ كُنتُمۡ تَزۡعُمُونَ ٢٢


Artinya
Dan (ingatlah), hari yang di waktu itu Kami menghimpun mereka semuanya kemudian Kami berkata kepada orang-orang musyrik: "Di manakah sembahan-sembahan kamu yang dulu kamu katakan (sekutu-sekutu) Kami?" ( QS. Al –An’am, 6 ayat 22 ).

Maksud dikumpulkan umat manusia di padang mahsyar adalah untuk dihisab atau diperhitungkan amal perbuatan mereka ketika didunia dengan seteliti dan seadil - adilnya peristiwa ini disebut Yaumul Hisab. Firman Allah SWT :

يَوۡمَ يَبۡعَثُهُمُ ٱللَّهُ جَمِيعٗا فَيُنَبِّئُهُم بِمَا عَمِلُوٓاْۚ أَحۡصَىٰهُ ٱللَّهُ وَنَسُوهُۚ وَٱللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَيۡءٖ شَهِيدٌ ٦


Artinya
Pada hari ketika mereka dibangkitkan Allah semuanya, lalu diberitakan-Nya kepada mereka apa yang telah mereka kerjakan. Allah mengumpulkan (mencatat) amal perbuatan itu, padahal mereka telah melupakannya. Dan Allah Maha Menyaksikan segala sesuatu ( QS. Al Mujadilah 58 ayat 6 )

Perhitungan atau pengadilan Allah diakhirat kelak sangat adil. mereka yang berhak masuk surga karena ketaqwaannya tentu balasannya akan masuk surga begitu juga sebaliknya yang harus masuk neraka karena kedurhakaanya tentu balasannya akan masuk neraka peristiwa ini disebut Yaumul Jaza'. Firman allah SWT :

Tanda-Tanda Hari Akhir/Kiamat terbagi atas 2 yaitu :
  1. Tanda-Tanda Kecil/ Kiamat Kecil
  2. Tanda-tanda Nesar/Kiamat Besar
Tanda-tanda kecil kiamat kecil adalah sebagai berikut...
  1. Diutusnya Nabi Muhammad SAW sebagai nabi terakhir
  2. Banyaknya terjadi bencana alam, misalnya gempa bumi, tanah longsor, dan lain-lain
  3. Banyaknya jumlah kaum perempuan dibanding laki-laki
  4. Adanya golongan besar yang saling membunuh, namun sama-sama mengakui dirinnya untuk memperjuangkan agama islam.
  5. Fitnah yang merajalela dengan menimpa kehidupan manusia
  6. Banyaknya jumlah pembunuhan disebabkan hal yang sepele atau kecil.
  7. Segala hal atau urusan dipegang oleh bukan ahlinya.
  8. Manusia tidak memperdulikan lagi ilmu agama
  9. Adanya Laki-laki telah menyerupai wanita atau sebaliknya
  10. Timbulnya pergaulan bebas antara laki-laki dan perempuan
  11. Merajalelanya kemaksiatan
  12. Minuman keras yang merajalela.
Tanda-Tanda Besar/Kiamat Besar adalah sebagai berikut :
  1. Munculnya binatang-binatang yang dapat bicara
  2. Al-Qur'an tidak dianggap lagi sebagai pedoman hidup, melainkan hanya sekadar bahan bacaan biasa
  3. Munculnya Ya'juj dan Ma'juj, yaitu bangsa yang gemar dengan membuat kerusakan dibumi.
  4. Banyak manusia yang menjadi kufur dan murtad.
  5. Munculnya dajjal. Makhluk penyebar fitnah yang membuat manusia meninggalkan agama islam.
  6. Matahari terbit dari barat dan terbenam dari arah timur.
Fungsi Iman Kepada Hari Kiamat adalah sebagai berikut :
  1. Menyadari bahwa alam seisinya akan hancur lebur maka setiap orang muslim harus banyak melakukan amal kebaikan serta menjauhi segala amal perbuatan yang tidak baik atau menjauhi larangan Allah swt.
  2. Mengingat bahwa hidup di dunia ini merupakan sawah ladang kehidupan alam akhirat atau merupakan jembatan untuk menuju ke alam akhirat maka kita harus membelanjakan atau menginfakkan sebagian harta untuk menghindari diri dari sifat rakus, tamak, dan kikir.
  3. Berani dan tidak takut mati karena membela agama, serta menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam.
  4. Tidak iri terhadap kenikmatan yang diperoleh orang lain.
  5. Dapat menenteramkan jiwa orang yang mendapat perlakukan kurang adil
Peristiwa-Peristiwa Setelah Hari Akhir/Kiamat adalah sebagai berikut :
  1. Yaumul Barzah : Barzakh secara bahasa berarti pembatas atau dinding. Pengertian yaumul barzah aadlah hari penantian manusia di alam kubur setelah meninggal. Barzah batas atau perantara antara alam dunia dan alam akhirat. Di alam inilah manusia akan menunggu hari kebangkitan. Kejadian-kejadian yang akan dihadapi manusia di alam barzah adalah pertanyaan dari malaikat Munkar dan Nakir, Manusia akan diperiksa amal perbuatannya dan keimanannya ibadahnya oleh malaikat Munkar dan Nakir, Nikmat dan siksa kubur.
  2. Yaumul Ba'as : Pengertian Yaumul Ba'as adalah hari bangkitnya seluruh makhluk dari kuburnya, sejak manusia pertama hingga berakhir. Penegasan Allah SWT terhadapnya hari kebangkitan terdapat dalam Q.S. An Nahl ayat 38, artinya : "Mereka bersumpah dengan nama Allah dengan sumpahnya yang sungguh-sungguh : "Allah tidak akan membangkitkan orang yang mati". (Tidak demikian), bahkan (pasti Allah akan membangkitnya), sebagai suatu janji yang benar dari Allah, akan tetapi kebanyakan manusia tiada mengetahui. (Q.S. An Nahl :38). dan Surat Yaasin ayat 51, artinya : " Dan ditiuplah sasangkala, maka tiba-tiba mereka ke luar dengan segera di kuburnya (menuju) kepada Tuhan mereka. (Q.S. Yaasin :51).
  3. Yaumul Hasyr (Hari berkumpulnya manusia) : Pengertian Yaumul Hasyr adalah fase manusia digiring ke suatu tempat yang bernama Padang Mahsyar setelah kebangkitan dari kubur. Allah SWT berfirman : "Dan kami kumpulkan mereka, maka kami tidak meninggalkan mereka seorang pun". (Q.S. Al Kahli : 47).
  4. Yaumul Hisab (Hari Perhitungan) : Pengertian Yaumul Hisab adalah hari manusia dihisab, dihitung dan ditimbang amal perbuatannya selama dunia akhirat. Allah SWT berfirman : "Kami akan memasang timbangan yang tepat pada hari kiamat, maka tiadalah yang dirugikan seseorang barang sedikit pun. Dan jika (amalan itu) hanya seberat biji sawi pun pasti kami mendatangkan (pahala)nya. Dan cukuplah Kami sebagai pembuat perhitungan. "(Q.S. Al-Anbiya : 47).
  5. Yaumul Jaza' (Hari Pembalasan) : Pengertian yaumul jaza' adalah hari ketika Allah SWT memberi keputusan kepada manusia.
  6. Surga dan Neraka : Surga adalah tempat yang penuh dengan berbagai kenikmatan, yang disediakan Allah bagi orang-orang yang bertakwa, Sedangkan Neraka adalah tempat yang penuh dengan berbagai siksaan, yang disediakan Allah bagi orang-orang yang durhaka.
Hikmah Beriman Kepada Hari Akhir/Kiamat antara lain sebagai berikut :
  1. Memperkuat keyakinan bahwa Allah SWT Mahakuasa dan Mahaadil.
  2. Memberikan dorongan untuk membiasakan diri dengan sikap dan perilaku terpuji (akhlaqul-karimah) dan menjauhkan diri dari sikap serta perilaku tercela (akhlaqul-mazmumah)
  3. Memberi dorongan untuk bersikap optimis dan tawakal, serta sabar meskipun tertimpa berbagai kemalangan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Iman Kepada Hari Akhir"

Post a Comment